Bank Soal Pendidikan Agama Islam
Bank Soal karya tulis publikasiﺒﺴﻡ ﺍﻠﻠﻪ ﺍﻠﺭﺤﻤﻥ ﺍﻠﺭﺤﻴﻡ``
I.Pilihlah jawaban yang paling benar dengan memberikan tanda silang {X} [a, b, c, d ] [Kerjakan Langsung di lembar soal ini]
1. Kepercayaan terhadap adanya kesaktian atau kekuatan gaib pada benda-benda ertentu disebut…..
a. Animisme b. Dinamisme c. Politeisme d. Libaeralisme
2. Kepercayaan terhadap adanya roh-roh halus pada semua benda-benda disebut…
a. Animisme b. Dinamisme c. Politeisme d. Libaeralisme
3. Kepercayaan terhadap adanya satu kekuatan supranatural sebagai Tuhan/Dewa disebut…………
a. Animisme b. Monoteisme c. Politeisme d. Libaeralisme
4. Kepercayaan terhadap semua benda-benda dan roh-roh halus semua merupakan dewa-dewinya sebagai Tuhan.(banyak dewa/Tuhan) disebut………
a. Animisme b. Monoteisme c. Politeisme d. Libaeralisme
5. Sebuah faham/idiologi yang memisahkan agama dari kehidupan manusia disebut……
a. Sekuralisme b. Monoteisme c. Politeisme d. Libaeralisme
6. Sebuah idiologi kebebasan untuk melakukan berkreasi, berfikir, aktifitas ekonomi bagi para individual tanpa adanya pembatasan oleh pemerintah maupun Agama disebut…………
a. Sekuralisme b. Monoteisme c. Politeisme d. Libaeralisme
7. Sebuah kepercayaan yang menolak adanya kekuatan supranatural [Tuhan] disebut…
a. Sekuralisme b. Monoteisme c. Atheisme d. Libaeralisme
8. Sebuah kepercayaan idiologi bahwa agama merupakan pengekang kendali kemarahan kelas penindas dan CANDU [racun] yang membius agar tetap dalam ketidak sadarannya…………..
a. Sekuralisme b. Marxisme c. Atheisme d. Libaeralisme
9.Menahan diri dari segala segala yang membatalkannnya dari sejak terbit sampai terbenamnya matahari sesua dengan ketentuan syariah………..
a. Shiyam b. Nutfah c. Turab d. Alaqoh
10. Dapat membedakan sesuatu yang benar dan salah sesuai hukum syariah disebut.
a. Mudgoh b. Mumayid c. Turab d. Alaqoh
II. Jelaskan Pertanyaan-pertanyaan dibawah ini !
Kerjakan di Lembar yang disediakan panitia UAS !
1.Bagaimakah faham Monoteisme, jika dihubungkan dengan Konsep Tauhid dalam Ajaran Islam ?
2.Jelaskan 3 [tiga ] pokok-pokok Ajaran Islam !
3.Coba saudara jelaskan bagan dibawah ini ; Konsep tauhid : Apa, bagaimana,dan Mengapa ?
4.Apakah arti dan defenisi ISLAM ?
5.Bagaimakah saudara beriman kepada Alloh ? jelaskan dengan 4 macam bukti adanya Allah s.w.t. ?
Jawaban :
1.Faham monoteisme jika dihubungkan dengan konsep Tauhid dalam ajaran Islam ; maka faham monoteisme masih adanya peluang bagi seseorang untuk menyakini adanya tuhan selain Alloh., sementara ajaran tauhid menutup rapat seluruh bentuk kemusyrikan yang dinyakini dan diamalkan seseorang dalam beribadah kepada Alloh.
2. Tidak sama faham monoteisme dengan konsep ajaran Islam, karena :
Jawabnya ; tidak sama
Penjelasannya :
Al-Islam ;
adalah agama wahyu yang berdasarkan Tauhid [keesaan Alloh] yang diketahui manusia berdasarkan kabar dari Tuhan/Alloh sendiri melalui firman-firman yang disampaikan kepada Rasul-Nya.
Sedangkan Monoteisme ;
Adalah lahir dari perkembangan kepercayaan manusia terhadap Tuhan setelah melalui proses panjang pengalaman manusia dari pemahaman animisme, dinamisme, politeisme dan akhirnya monoteisme.
3. Jawaban bagan “Tentang Konsep Tauhid”.
3.1.Apa yang dimaksud dengan konsep tauhid ?
-Tauhid berarti meng-Esakan Alloh
Maksudnya : menyakini bahwa Alloh itu adalah dzat yang berhak disembah dan tidak melakukan kemusyrikan kepada-Nya.
3.2.Bagaimana dengan konsep tauhid ?
Konsep tauhid bukan hanya diyakini dengan hati , tetapi diamalkan dengan niat, maksud dan tujuan yang benar dengan mengamalkan 7 [tujuh] konsep tauhid yaitu
-Tauhid Dzat
-Tauhid Qasdy
-Tauhid AF’al
-Tauhid Sifat
-Tauhid Wujud
-Tauhid Tasyri
-Tauhid ibadah
Mengapa konsep tauhid itu diperlukan ?
-Karena konsep tauhid dapat menyelamatkan seseorang dari bahaya syirik yang merupakan dosa besar dan tidak terampuni oleh Allah swt
-Mengamalkan tauhid dapat dimudahkan masuk Jannah
-Merupakan ikatan dengan Alloh, sehingga lidahnya selalu dihiasi dengan berbagai ucapan yang dapat memelihara ikatannya dengan Alloh.
Kapan konsep tauhid itu diyakini dan di amalkan seseorang ?
-Sejak para Nabi dan Rasul-rasul Alloh diutus ke planet bumi ini yaitu zaman Nabi Adam a.s. sampai N.Muhammad s.a.w.
-Bagi setiap muslim/muslimah yang mengenal dan memahami tentang konsep tauhid.
4. Secara bahasa AL-ISLAM :
- Bermakna [arti] ; tunduk, patuh, berserah diri, sejahtera, merdeka,tidak tercelah, selamat, dan suci, bersih dari kecacatan lahir batin.
- Defenisi ISLAM adalah agama/Sistem ajaran yang lengkap diturunkan Alloh kepada manusia melalui Rasul-rasul-Nya, berisi hukum-hukum yang mengatur hubungan manusia dengan Alloh [hablum minna Alloh]dan manusia dengan manusia [hablum minna nas], serta manusia dengan alam semesta.
ﺍﻦ ﺍﻠﺪﻴﻦ ﻋﻨﺪ ﺍﻠﻠﻪ ﺍﻹﺴﻼﻡ
Artinya :
“ Sesungguhnya Din yang diterima disisi Alloh adalah ISLAM”[Q.S. 3:19]
•Al qur’an menjelaskan dengan gamblang bahwa para Nabi Alloh sejak Era Nabi Adam as- N.Muhammad s.a.w. penutup para Nabi dan Rasul, membawa ajaran agama dengan sebutan ISLAM juga.
5.Beriman kepada Alloh : menyakini dengan sepenuh hati bahwa Alloh itu ada, dan tidak mensyarikatkan kepada-Nya.
Melalui 4 bukti keyakinan kepada Alloh :
-Adan Ciptaan-Nya
-Adanya Firman-firman-Nya [Wahyu]
-Adanya para Utusan-Nya
-Adanya pengalaman rohaniyah yang dialami seseorang dalam hatinya mempercayai adanya tuhan.
SOAL : Kerjakan secara mandiri !
1). a. John Locke menyebutkan bahwa manusia itu lahir dalam keadaan kosong seperti kertas putih (tabularasa), pendapatnya tidak menjelaskan tentang dosa layaknya orang beragama, sebab dia seorang Atheis. Bagaimana pendapat saudara tentang teori tersebut dihubungkan dengan Konsep Fitrah dalam Ajaran Islam.
b. Bagaimanakah hubungan manusia dengan Agama, dikaitkan menurut pemahaman Ajaran Islam ?
2). a. Charles Darwin dengan teori Evolusinya menjelaskan bahwa “manusia itu terlahir dari bangsa monyet lalu berevolusi menjadi manusia sekarang ini “, Ilmuwan lain menyatakan; Manusia itu berasal dari Makhluk Luar Angkasa demikian menurut teori Cosmozoa, Apakah saudara sependapat dengan pemahaman para Ilmuwan tersebut, coba jelaskan sebagai orang yang beragama!.
b. Jelaskan pengertian dibawah ini : Shiyam, Mumayiz, baligh ,Nutfah,Alaqoh dan Mudghoh !
3). a. Apakah hukum Shiyam , sebutkan dalil /dasar hukum tentang Shiyam.
b. Sebutkan yang termasuk Sunnah-sunnah Shiyam , Shiyam Sunnah , Shiyam Wajib dan Shiyam Haram.
4). Terangkan pengertian Agama secara umum serta dalam bahasa Al-qur’an “ din” mengandung banyak arti.
5). Dalam hidup beragama wajib menyakini pemahaman Islam secara Universal (Kaffah) sesuai pokok-pokok Ajaran Islam, jelaskan 3 (tiga) pokok dalam Ajaran Islam.
6).Apakah arti Animisme, Dinamisme, Politeisme, Monoteisme, Sekuralisme, Liberalisme dan Atheisme.
a]. Animisme : Kepercayaan terhadap adanya roh-roh halus pada semua benda-benda sebagai Tuhan.
•Penjelasannya :
Faham kepercayaan terhadap semua benda, baik yang bernyawa atau tidak bernyawa mempunyai roh yang tersusun dari suatu zat atau materi yang halus, roh tersebut mempunyai kekuatan dan kehendak, bisa merasa senang dan marah, bila roh itu marah akan melahirkan malapetaka, karena itu manusia harus mencari keridhoannya dengan memberi makan atau sesaji dan mengadakan pesta-pesta tertentu. Contoh : Pohon Beringin yang angker.
b]. Dinamisme : Kepercayaan terhadap adanya kesaktian atau kekuatan gaib pada benda-benda tertentu sebagai Tuhan.
•Penjelasanya :
Faham kepercayaan terhadap kekuatan-kekuatan gaib yang dimiliki benda-benda tertentu, dengan sebanyak-banyaknya melalui benda itu yang mereka anggap memiliki kemampuan untuk menolong , membantu segala musibah atau kebutuhan hajat hidupnya. Contoh ; kepercayaan pada sebilah keris yang mempunyai kesaktian.
c].Politeisme : Kepercayaan terhadap semua benda-benda dan roh-roh halus semua merupakan dewa-dewinya sebagai Tuhan.(banyak dewa/Tuhan).
•Penjelasanya :
Faham kepercayaan terhadap roh-roh atau yang dipercayainya dalam animisme lebih mempunyai bentuk dan sifat yang jelas dan dewa-dewa itu memiliki kepribadian. Contoh : Sang Surya kepribadianya memberi cahaya. Dewi Sri kepribadianya menyuburkan Padi bagi petani.
d]. Monoteisme : Kepercayaan terhadap adanya satu kekuatan supranatural sebagai Tuhan.
•Penjelasannya :
Faham kepercayaan terhadap satu kekuatan supranatural sebagai Tuhan yang mutlak kekuatannya diluar kehidupan manusia, dengan keyakinan tersebut manusia melakukan ritual peribadatan. Contoh : Kepercayaan yang mengakui adanya satu Tuhan.
e]. Sekuralisme : Sebuah idiologi yang memisahkan agama dari kehidupan manusia.
•Penjelasannya :
Faham yang menganut penolakan intervensi ajaran Agama dalam proses praktis kehidupan manusia; persoalan dunia otonomi mutlak pada manusia, tanpa campur tangan Tuhan/Ajaran agama untuk mengatur kehidupan manusia di dunia ini.para pemikir sekuler memandang agama sebagai bentuk keterpasaan dari suatu individu atau masyarakat sehingga agama dijadikan suatu kebutuhan yang bersifat nisbi (sementara). Mereka menyebutkan bahwa agama tumbuh dan berkembang sebagai akibat dari suatu keadaan tertentu yang menimpa individu atau masyarakat. Contoh [1] ; Agama dibutuhkan akibat adanya rasa takut sehingga membutuhkan perlindungan dari sesuatu yang menakutkan tsb . Contoh [2]lain; agama diperlukan karena kebodohan, jika masyarakat sudah maju ilmu pengetahuan dan teknologi ajaran Agama tidak diperlukan lagi.
f]. Liberalisme : Sebuah idiologi kebebasan untuk melakukan berkreasi, berfikir, aktifitas ekonomi bagi para individual tanpa adanya pembatasan oleh pemerintah maupun Agama.
•Penjelasannya :
Faham yang mencita-citakan suatu masyarakat yang bebas, dicirikan oleh kebebasan berfikir, ekonomi pasar yang mendukung usaha pribadi yang relative bebas, system pemerintahan yang transparan dan menolak pembatasan oleh pemerintah yang berkuasa dan agama terhadap individu. Oleh karena itu paham liberalisme lebih lanjut menjadi dasar tumbuhnya kapitalisme dan juga menganggap agama adalah pengekangan terhadap potensi akal manusia,sehingga faham tersebut dapat mengkritisi (yang dianggap Suci, kebenaran mutlak bagi penganutnya) bila bertentangan dengan akal dan pengetahuan mereka. Contoh : Jaringan Islam Liberal (JIL), pembuatan Film Fitnah Nabi Muhammad S.A.W. di Negara Belanda, Pemerintah Belanda tidak mampu/bisa mencekal “ Weeder “ karena adanya kebebasan yang terlalu berlebihan di Negara itu.
g ]. Ateisme : Sebuah kepercayaan yang menolak adanya kekuatan supranatural [Tuhan].
•Penjelasannya :
Faham tersebut berkeyakinan bahwasanya alam semesta dan isinya [manusia] ada dengan sendirinya, keberadaanya hanya merupakan evolusi semata. Contoh : faham Darwinisme
i]. Marxisme : Sebuah kepercayaan idiologi bahwa agama merupakan pengekang kendali kemarahan kelas penindas dan CANDU [racun] yang membius agar tetap dalam ketidak sadarannya.
•Penjelasannya :
Faham yang melihat ajaran agama [Yahudi, Kristen dan Islam] diwujudkan agar kelas penindas tetap dapat mempertahankan kedudukan dan kekuasaannya dikalangan bangsa-bangsa, kelas penguasa menghidupkan agama agar kelas tertindas tidak melancarkan pemberontakan terhadapnya. Dengan keyakinannya itulah “ Karl Marx “ bahwa kepercayaan relegiusnya, memandang rendah kepercayaan itu. Contoh : Negara atau individu yang menganut Faham Marxisme.(Karl Mark). Negaranya : Cina, Aprika dan Amerika.
7).Pengertian ;
Shiyam : menahan diri dari segala segala yang membatalkannnya dari sejak terbit sampai terbenamnya matahari sesua dengan ketentuan syariah.
Mumayid : Dapat membedakan sesuatu yang benar dan salah sesuai hukum syariah.
Baligh : Orang yang dapat dibebani untuk melaksanakan hukum syariah. Contoh : Laki-laki dengan mimpi basah dan wanita dengan menstruasi.
Nuffah : Sperma [air mani]
Alaqoh : segumpal darah
Mudghoh : segumpal daging.
3.Arti Dien berasal dari kata bahasa arab [ dana- yadiinu-diinan ]-madinah
Kepatuhan / ketaatan
Kekuasaan kebijaksanaan
Pembalasan
Keberhutangan
Aturan hidup /hukum syariah
8). Sebutkan yang termasuk dibawah ini :
Sunnah Shiyam
1.Sholat Tarawih
2.Tadrus Qur’an
3.Menyegerakan berbuka .
4. Makan sahur
5. Membaca do’a berbuka.
6. bersodaqoh.
7. I’tikaf
Shiyam Sunnah
1. Senin – Kamis
2. 6 hari bulan Syawal
3.tanggal 9 hajji [dzulhijjah]
4.tanggal 10 Muharram [ hari Asyura]
5. tanggal 13,14,15 qomariyah.
6. Nabi dawud [sehari puasa,sehari berbuka]
Shiyam Wajib
1. Shiyam Nadzar
[ puasa yang dikerjakan Karena nadzar [berjanji] untuk mendekatkan diri kepada Alloh.
2. Shiyam Kifarat [ akibat pelanggaran] seperti ;melanggar sumpah palsu [kifarat 3 hari]
3. Shiyam Ramadhan.
4...Shiyam Fidyah [pengganti dari kewajiban melaksanakan qurban karena palanggaran tentang peraturan dalam ibadah hajji, puasa 3 hari di kota Suci dan 7 hari lagi di negeri sendiri ]
Shiyam haram
1. Shiyam terus menerus.
2.Shiyam Tasyriq [11,12,13 Hajji]
3.Shiyam 2 hari raya (FItri dan Adha]
4. Puasa wanita haidh/Nifas.
5.Puasa seorang istri yang tanpa izin suaminya ketika ada bersamanya [suami-istri]
Penyebutan nama manusia dalam al-qur’an sebagai makhluk yang sempurna dari semua aspek ;
Jawab :
a.Aspek histories [Bani Adam]; penciptaannya manusia bermula dari Nabi Adam dan keturunanya disebut “ Bani Adam”. [Q.S. 7 : 31]
b.Aspek biologis [Al Basyar];manusia adalah makhluk yang mencerminkan sifat-sifat fisik [dibentuk dari komponen-komponen yang dikandung didalam tanah]dan biologis [makan,minum dan berhubungan lawan jenis].[Q.S. al-mu’minun [23] :33]
c.Aspek Intelegenti/ kecerdasan [Al Insan] ;manusia adalah makhluk yang terbaik yang diberi akal sehingga menyerap ilmu pengetahuan.[Q.S.Ar Rahman [55]:3-4]
d.Aspek sosiologis [An Nas] ; manusia adalah makhluk yang bermasyarakat, menunjukan sifatnya yang berkelompok sesame jenisnya. [Q.S. 2 : 21]
e.Aspek Posisi [ Abdun] ; manusia adalah hamba Alloh yang mesti tunduk dan taat sesuai dengan kedudukan seorang hamba. [Q.S. Saba’[34:9]
9). Sebutkan Rukun-rukun Shiyam dan Hukum shiyam Ramadhan, dalilnya ;
1. Niat [ sebelum shiyam]
2. Mencegah diri dari segala yang membatalkan shiyam.
Hukumnya : Wajib A’in [fardhu ‘ain] dalilnya Q.S. Al Baqoroh [2] ;183
10). John Locke menyebutkan bahwa manusia itu lahir dalam keadaan kosong seperti kertas putih (tabularasa), pendapatnya tidak menjelaskan tentang dosa layaknya orang beragama, sebab dia seorang Atheis. Bagaimana pendapat saudara tentang teori tersebut dihubungkan dengan Konsep Fitrah dalam Ajaran Islam.
Jawab : Teori John Lock, tidak Relevan [bertolak belakang] dengan konsep fitrah dalam ajaran Islam.
Alasannya :
-Teori John Lock mengesampingkan kemampuan dasar yang dibawa si anak sejak lahir yakni memiliki naluri beragama [ naluri tauhid] bahwa sebelum lahir bakal bayi di didik oleh Alloh tentang tauhid [Q.S. 2 :30 dan Q.S. 7 : 172-173], sehingga terlahir tidak dalam keadaan seperti kertas kosong [blank] .
-Dalam konsep Fitrah ; bahwa manusia diciptakan dengan penciptaan fisik dan rohaniyah yakni sifat-sifat dasar yang cenderung baik [hanif/lurus] memiliki potensi terhadap agama tauhid [keesaan Alloh]sebagai makhluk relegius.
-Bayi terlahir dalam keadaan fitrah maksudnya ; bayi tersebut lahir dalam keadaan suci, bersih dari syirik [penyekutuan Tuhan] dan terhindar dari kekufuran [ menolak adanya Alloh], dengan demikian bayi cenderung kepada agama hanif [agama tauhid/islam], jika tidak beragama dengan potensi yang dimiliki sejak bayi, di akibatkan pengaruh orang tua dan lingkungannya.
Ingat….!!! Konsep Fitrah tidak sama dengan Teori John Lock.
Dalam hidup beragama wajib menyakini pemahaman Islam secara Universal (Kaffah) sesuai pokok-pokok Ajaran Islam, jelaskan 3 (tiga) pokok dalam Ajaran Islam.
Jawab :
1.Aqidah [ aspek keyakinan/system keimanan = iman] adalah ; keyakinan mendasar terhadap adanya Alloh yang mengatur, meciptakan manusia dan alam semesta beserta isinya serta membenarkan semua firman-firmanya.
2.Syari’ah [aspek norma/ system hukum = ibadah/Islam] adalah ; aturan-aturan Alloh yang mengatur hubungan manusia dengan Alloh dan alam semesta sebagai konsekwensi atau pengakuan dan ketundukannya.
3.Akhlak [ aspek perilaku/system nilai = Ihsan ] ; adalah sikap-sikap atau perilaku yang nampak dari pelaksanaan aqidah dan syariah.
Charles Darwin dengan teori Evolusinya menjelaskan bahwa “manusia itu terlahir dari bangsa monyet lalu berevolusi menjadi manusia sekarang ini “, Ilmuwan lain menyatakan; Manusia itu berasal dari Makhluk Luar Angkasa demikian menurut teori Cosmozoa, Apakah saudara sependapat dengan pemahaman para Ilmuwan tersebut, coba jelaskan sebagai orang yang beragama!.
Jawab :
Tidak Sependapat !!!
Alasannya :
Sebagai orang beragama menyakini dan memahami, bahwa manusia eksistensinya berasal dari sari pati tanah lempung [turab] yang dibentuk [Q.S.Al-Kahfi, 18 : 37,Al Hijr, 15 :26] makhluk yang pertama diciptakan bernama “ ADAM as” seorang Nabi, dan keturunannya diciptakan melalui proses sunnatullah [ketetapan Alloh] dari sari pati air mani [sperma].[Q.S.Al Mukminun,23:12-13].
Karl Mark mengatakan bahwa “ bahwa Agama adalah racun bagi kehidupan manusia “ Apakah anda sependapat ? jelaskan pandangan saudara !.
Jawab : Tidak sependapat .
Penjelasannya :
Agama bukanlah CANDU/RACUN bagi kehidupan manusia, seseorang yang beragama dengan pemahaman yang baik dan benar akan memberikan PENAWAR/OBAT bagi penganutnya dari kegelisahan, rasa takut, was was, serta mampu menyelesaikan segala problem kehidupan manusia dari berbagai aspek kehidupan [idiologi, politik,ekonomi, social, pendidikan dan budaya].
Jelaskan asul-usul manusia menurut teori Evolusi, teori Cosmozoa dan teori Materialis Bagaimana pendapat saudara dihubungkan dengan Konsep Ajaran Islam tentang asal-usul penciptaan manusia ?.
Jawab :
a]. Menurut Teori Evolusi : Manusia itu terlahir dari bangsa Primata [Kera] lalu berevolusi menjadi manusia sekarang ini.
Teori Cosmozoa: Manusia berasal dari makhluk luar angkasa.
Teori Materialis : Menyatakan :” (manusia adalah benda) manusia hanyalah merupakan sekepal tanah dibumi ini,dari bumi asal kejadiannya, dibumi dia berjalan dari bumi dia makan dan kedalam bumi dia kembali (jadi tanah).
b]. Teori-teori tersebut tidak dapat dibuktikan secara ilmiyah, bertentangan dengan keyakinan bila dihubungkan dengan konsep ajaran Islam tentang asal – usul manusia, bahkan teori-teori itu melenyapkan kebenaran awal penciptaan manusia [dari tanah-sperma]/Makhluq serta mengingkari adanya Dzat yang menciptakan. [Al-Kholiq].
Bagaimanakah hubungan manusia dengan Agama, dikaitkan menurut pemahaman Ajaran Islam ?
Jawab :
Hubungan manusia dengan Agama Islam ;
a]. Agama bagi manusia suatu kebutuhan hidup yang mendasar atau fitrah manusia
b]. Manusia masih memiliki gejala kejiwaan ; rasa cemas , rasa takut dan mengharap yang merupakan factor pendorong manusia untuk beragama.
c]. Kebutuhan manusia terhadap agama tidak dapat digantikan dengan kemampuan ilmu pengetahuan dan teknologi.
d]. Ketersediaan materi bagi manusia, tidak dapat menggantikan peranan agama dalam kehidupan manusia.
e]. Kemampuan akal manusia tidak mampu menyelesaikan seluruh problem hidup yang dihadapi manusia tanpa peran agama.
f]. Kebutuhan manusia terhadap agama mendorongnya untuk mencari agama yang sesuai dengan harapan-harapan rohaniahnya, dan hanya AGAMA ISLAM yang benar bagi penganutnya, dengan ISLAM manusia mendapat kesuksesan duniawi dan kesuksesan ukhrowi.
ﺍﻦ ﺍﻠﺪﻴﻦ ﻋﻨﺪ ﺍﻠﻠﻪ ﺍﻹﺴﻼﻡ
Artinya :
"Sesungguhnya Din yang diterima disisi Alloh adalah ISLAM”[Q.S. 3:19]
I.Pilihlah jawaban yang paling benar dengan memberikan tanda silang {X} [a, b, c, d ] [Kerjakan Langsung di lembar soal ini]
1. Kepercayaan terhadap adanya kesaktian atau kekuatan gaib pada benda-benda ertentu disebut…..
a. Animisme b. Dinamisme c. Politeisme d. Libaeralisme
2. Kepercayaan terhadap adanya roh-roh halus pada semua benda-benda disebut…
a. Animisme b. Dinamisme c. Politeisme d. Libaeralisme
3. Kepercayaan terhadap adanya satu kekuatan supranatural sebagai Tuhan/Dewa disebut…………
a. Animisme b. Monoteisme c. Politeisme d. Libaeralisme
4. Kepercayaan terhadap semua benda-benda dan roh-roh halus semua merupakan dewa-dewinya sebagai Tuhan.(banyak dewa/Tuhan) disebut………
a. Animisme b. Monoteisme c. Politeisme d. Libaeralisme
5. Sebuah faham/idiologi yang memisahkan agama dari kehidupan manusia disebut……
a. Sekuralisme b. Monoteisme c. Politeisme d. Libaeralisme
6. Sebuah idiologi kebebasan untuk melakukan berkreasi, berfikir, aktifitas ekonomi bagi para individual tanpa adanya pembatasan oleh pemerintah maupun Agama disebut…………
a. Sekuralisme b. Monoteisme c. Politeisme d. Libaeralisme
7. Sebuah kepercayaan yang menolak adanya kekuatan supranatural [Tuhan] disebut…
a. Sekuralisme b. Monoteisme c. Atheisme d. Libaeralisme
8. Sebuah kepercayaan idiologi bahwa agama merupakan pengekang kendali kemarahan kelas penindas dan CANDU [racun] yang membius agar tetap dalam ketidak sadarannya…………..
a. Sekuralisme b. Marxisme c. Atheisme d. Libaeralisme
9.Menahan diri dari segala segala yang membatalkannnya dari sejak terbit sampai terbenamnya matahari sesua dengan ketentuan syariah………..
a. Shiyam b. Nutfah c. Turab d. Alaqoh
10. Dapat membedakan sesuatu yang benar dan salah sesuai hukum syariah disebut.
a. Mudgoh b. Mumayid c. Turab d. Alaqoh
II. Jelaskan Pertanyaan-pertanyaan dibawah ini !
Kerjakan di Lembar yang disediakan panitia UAS !
1.Bagaimakah faham Monoteisme, jika dihubungkan dengan Konsep Tauhid dalam Ajaran Islam ?
2.Jelaskan 3 [tiga ] pokok-pokok Ajaran Islam !
3.Coba saudara jelaskan bagan dibawah ini ; Konsep tauhid : Apa, bagaimana,dan Mengapa ?
4.Apakah arti dan defenisi ISLAM ?
5.Bagaimakah saudara beriman kepada Alloh ? jelaskan dengan 4 macam bukti adanya Allah s.w.t. ?
Jawaban :
1.Faham monoteisme jika dihubungkan dengan konsep Tauhid dalam ajaran Islam ; maka faham monoteisme masih adanya peluang bagi seseorang untuk menyakini adanya tuhan selain Alloh., sementara ajaran tauhid menutup rapat seluruh bentuk kemusyrikan yang dinyakini dan diamalkan seseorang dalam beribadah kepada Alloh.
2. Tidak sama faham monoteisme dengan konsep ajaran Islam, karena :
Jawabnya ; tidak sama
Penjelasannya :
Al-Islam ;
adalah agama wahyu yang berdasarkan Tauhid [keesaan Alloh] yang diketahui manusia berdasarkan kabar dari Tuhan/Alloh sendiri melalui firman-firman yang disampaikan kepada Rasul-Nya.
Sedangkan Monoteisme ;
Adalah lahir dari perkembangan kepercayaan manusia terhadap Tuhan setelah melalui proses panjang pengalaman manusia dari pemahaman animisme, dinamisme, politeisme dan akhirnya monoteisme.
3. Jawaban bagan “Tentang Konsep Tauhid”.
3.1.Apa yang dimaksud dengan konsep tauhid ?
-Tauhid berarti meng-Esakan Alloh
Maksudnya : menyakini bahwa Alloh itu adalah dzat yang berhak disembah dan tidak melakukan kemusyrikan kepada-Nya.
3.2.Bagaimana dengan konsep tauhid ?
Konsep tauhid bukan hanya diyakini dengan hati , tetapi diamalkan dengan niat, maksud dan tujuan yang benar dengan mengamalkan 7 [tujuh] konsep tauhid yaitu
-Tauhid Dzat
-Tauhid Qasdy
-Tauhid AF’al
-Tauhid Sifat
-Tauhid Wujud
-Tauhid Tasyri
-Tauhid ibadah
Mengapa konsep tauhid itu diperlukan ?
-Karena konsep tauhid dapat menyelamatkan seseorang dari bahaya syirik yang merupakan dosa besar dan tidak terampuni oleh Allah swt
-Mengamalkan tauhid dapat dimudahkan masuk Jannah
-Merupakan ikatan dengan Alloh, sehingga lidahnya selalu dihiasi dengan berbagai ucapan yang dapat memelihara ikatannya dengan Alloh.
Kapan konsep tauhid itu diyakini dan di amalkan seseorang ?
-Sejak para Nabi dan Rasul-rasul Alloh diutus ke planet bumi ini yaitu zaman Nabi Adam a.s. sampai N.Muhammad s.a.w.
-Bagi setiap muslim/muslimah yang mengenal dan memahami tentang konsep tauhid.
4. Secara bahasa AL-ISLAM :
- Bermakna [arti] ; tunduk, patuh, berserah diri, sejahtera, merdeka,tidak tercelah, selamat, dan suci, bersih dari kecacatan lahir batin.
- Defenisi ISLAM adalah agama/Sistem ajaran yang lengkap diturunkan Alloh kepada manusia melalui Rasul-rasul-Nya, berisi hukum-hukum yang mengatur hubungan manusia dengan Alloh [hablum minna Alloh]dan manusia dengan manusia [hablum minna nas], serta manusia dengan alam semesta.
ﺍﻦ ﺍﻠﺪﻴﻦ ﻋﻨﺪ ﺍﻠﻠﻪ ﺍﻹﺴﻼﻡ
Artinya :
“ Sesungguhnya Din yang diterima disisi Alloh adalah ISLAM”[Q.S. 3:19]
•Al qur’an menjelaskan dengan gamblang bahwa para Nabi Alloh sejak Era Nabi Adam as- N.Muhammad s.a.w. penutup para Nabi dan Rasul, membawa ajaran agama dengan sebutan ISLAM juga.
5.Beriman kepada Alloh : menyakini dengan sepenuh hati bahwa Alloh itu ada, dan tidak mensyarikatkan kepada-Nya.
Melalui 4 bukti keyakinan kepada Alloh :
-Adan Ciptaan-Nya
-Adanya Firman-firman-Nya [Wahyu]
-Adanya para Utusan-Nya
-Adanya pengalaman rohaniyah yang dialami seseorang dalam hatinya mempercayai adanya tuhan.
SOAL : Kerjakan secara mandiri !
1). a. John Locke menyebutkan bahwa manusia itu lahir dalam keadaan kosong seperti kertas putih (tabularasa), pendapatnya tidak menjelaskan tentang dosa layaknya orang beragama, sebab dia seorang Atheis. Bagaimana pendapat saudara tentang teori tersebut dihubungkan dengan Konsep Fitrah dalam Ajaran Islam.
b. Bagaimanakah hubungan manusia dengan Agama, dikaitkan menurut pemahaman Ajaran Islam ?
2). a. Charles Darwin dengan teori Evolusinya menjelaskan bahwa “manusia itu terlahir dari bangsa monyet lalu berevolusi menjadi manusia sekarang ini “, Ilmuwan lain menyatakan; Manusia itu berasal dari Makhluk Luar Angkasa demikian menurut teori Cosmozoa, Apakah saudara sependapat dengan pemahaman para Ilmuwan tersebut, coba jelaskan sebagai orang yang beragama!.
b. Jelaskan pengertian dibawah ini : Shiyam, Mumayiz, baligh ,Nutfah,Alaqoh dan Mudghoh !
3). a. Apakah hukum Shiyam , sebutkan dalil /dasar hukum tentang Shiyam.
b. Sebutkan yang termasuk Sunnah-sunnah Shiyam , Shiyam Sunnah , Shiyam Wajib dan Shiyam Haram.
4). Terangkan pengertian Agama secara umum serta dalam bahasa Al-qur’an “ din” mengandung banyak arti.
5). Dalam hidup beragama wajib menyakini pemahaman Islam secara Universal (Kaffah) sesuai pokok-pokok Ajaran Islam, jelaskan 3 (tiga) pokok dalam Ajaran Islam.
6).Apakah arti Animisme, Dinamisme, Politeisme, Monoteisme, Sekuralisme, Liberalisme dan Atheisme.
a]. Animisme : Kepercayaan terhadap adanya roh-roh halus pada semua benda-benda sebagai Tuhan.
•Penjelasannya :
Faham kepercayaan terhadap semua benda, baik yang bernyawa atau tidak bernyawa mempunyai roh yang tersusun dari suatu zat atau materi yang halus, roh tersebut mempunyai kekuatan dan kehendak, bisa merasa senang dan marah, bila roh itu marah akan melahirkan malapetaka, karena itu manusia harus mencari keridhoannya dengan memberi makan atau sesaji dan mengadakan pesta-pesta tertentu. Contoh : Pohon Beringin yang angker.
b]. Dinamisme : Kepercayaan terhadap adanya kesaktian atau kekuatan gaib pada benda-benda tertentu sebagai Tuhan.
•Penjelasanya :
Faham kepercayaan terhadap kekuatan-kekuatan gaib yang dimiliki benda-benda tertentu, dengan sebanyak-banyaknya melalui benda itu yang mereka anggap memiliki kemampuan untuk menolong , membantu segala musibah atau kebutuhan hajat hidupnya. Contoh ; kepercayaan pada sebilah keris yang mempunyai kesaktian.
c].Politeisme : Kepercayaan terhadap semua benda-benda dan roh-roh halus semua merupakan dewa-dewinya sebagai Tuhan.(banyak dewa/Tuhan).
•Penjelasanya :
Faham kepercayaan terhadap roh-roh atau yang dipercayainya dalam animisme lebih mempunyai bentuk dan sifat yang jelas dan dewa-dewa itu memiliki kepribadian. Contoh : Sang Surya kepribadianya memberi cahaya. Dewi Sri kepribadianya menyuburkan Padi bagi petani.
d]. Monoteisme : Kepercayaan terhadap adanya satu kekuatan supranatural sebagai Tuhan.
•Penjelasannya :
Faham kepercayaan terhadap satu kekuatan supranatural sebagai Tuhan yang mutlak kekuatannya diluar kehidupan manusia, dengan keyakinan tersebut manusia melakukan ritual peribadatan. Contoh : Kepercayaan yang mengakui adanya satu Tuhan.
e]. Sekuralisme : Sebuah idiologi yang memisahkan agama dari kehidupan manusia.
•Penjelasannya :
Faham yang menganut penolakan intervensi ajaran Agama dalam proses praktis kehidupan manusia; persoalan dunia otonomi mutlak pada manusia, tanpa campur tangan Tuhan/Ajaran agama untuk mengatur kehidupan manusia di dunia ini.para pemikir sekuler memandang agama sebagai bentuk keterpasaan dari suatu individu atau masyarakat sehingga agama dijadikan suatu kebutuhan yang bersifat nisbi (sementara). Mereka menyebutkan bahwa agama tumbuh dan berkembang sebagai akibat dari suatu keadaan tertentu yang menimpa individu atau masyarakat. Contoh [1] ; Agama dibutuhkan akibat adanya rasa takut sehingga membutuhkan perlindungan dari sesuatu yang menakutkan tsb . Contoh [2]lain; agama diperlukan karena kebodohan, jika masyarakat sudah maju ilmu pengetahuan dan teknologi ajaran Agama tidak diperlukan lagi.
f]. Liberalisme : Sebuah idiologi kebebasan untuk melakukan berkreasi, berfikir, aktifitas ekonomi bagi para individual tanpa adanya pembatasan oleh pemerintah maupun Agama.
•Penjelasannya :
Faham yang mencita-citakan suatu masyarakat yang bebas, dicirikan oleh kebebasan berfikir, ekonomi pasar yang mendukung usaha pribadi yang relative bebas, system pemerintahan yang transparan dan menolak pembatasan oleh pemerintah yang berkuasa dan agama terhadap individu. Oleh karena itu paham liberalisme lebih lanjut menjadi dasar tumbuhnya kapitalisme dan juga menganggap agama adalah pengekangan terhadap potensi akal manusia,sehingga faham tersebut dapat mengkritisi (yang dianggap Suci, kebenaran mutlak bagi penganutnya) bila bertentangan dengan akal dan pengetahuan mereka. Contoh : Jaringan Islam Liberal (JIL), pembuatan Film Fitnah Nabi Muhammad S.A.W. di Negara Belanda, Pemerintah Belanda tidak mampu/bisa mencekal “ Weeder “ karena adanya kebebasan yang terlalu berlebihan di Negara itu.
g ]. Ateisme : Sebuah kepercayaan yang menolak adanya kekuatan supranatural [Tuhan].
•Penjelasannya :
Faham tersebut berkeyakinan bahwasanya alam semesta dan isinya [manusia] ada dengan sendirinya, keberadaanya hanya merupakan evolusi semata. Contoh : faham Darwinisme
i]. Marxisme : Sebuah kepercayaan idiologi bahwa agama merupakan pengekang kendali kemarahan kelas penindas dan CANDU [racun] yang membius agar tetap dalam ketidak sadarannya.
•Penjelasannya :
Faham yang melihat ajaran agama [Yahudi, Kristen dan Islam] diwujudkan agar kelas penindas tetap dapat mempertahankan kedudukan dan kekuasaannya dikalangan bangsa-bangsa, kelas penguasa menghidupkan agama agar kelas tertindas tidak melancarkan pemberontakan terhadapnya. Dengan keyakinannya itulah “ Karl Marx “ bahwa kepercayaan relegiusnya, memandang rendah kepercayaan itu. Contoh : Negara atau individu yang menganut Faham Marxisme.(Karl Mark). Negaranya : Cina, Aprika dan Amerika.
7).Pengertian ;
Shiyam : menahan diri dari segala segala yang membatalkannnya dari sejak terbit sampai terbenamnya matahari sesua dengan ketentuan syariah.
Mumayid : Dapat membedakan sesuatu yang benar dan salah sesuai hukum syariah.
Baligh : Orang yang dapat dibebani untuk melaksanakan hukum syariah. Contoh : Laki-laki dengan mimpi basah dan wanita dengan menstruasi.
Nuffah : Sperma [air mani]
Alaqoh : segumpal darah
Mudghoh : segumpal daging.
3.Arti Dien berasal dari kata bahasa arab [ dana- yadiinu-diinan ]-madinah
Kepatuhan / ketaatan
Kekuasaan kebijaksanaan
Pembalasan
Keberhutangan
Aturan hidup /hukum syariah
8). Sebutkan yang termasuk dibawah ini :
Sunnah Shiyam
1.Sholat Tarawih
2.Tadrus Qur’an
3.Menyegerakan berbuka .
4. Makan sahur
5. Membaca do’a berbuka.
6. bersodaqoh.
7. I’tikaf
Shiyam Sunnah
1. Senin – Kamis
2. 6 hari bulan Syawal
3.tanggal 9 hajji [dzulhijjah]
4.tanggal 10 Muharram [ hari Asyura]
5. tanggal 13,14,15 qomariyah.
6. Nabi dawud [sehari puasa,sehari berbuka]
Shiyam Wajib
1. Shiyam Nadzar
[ puasa yang dikerjakan Karena nadzar [berjanji] untuk mendekatkan diri kepada Alloh.
2. Shiyam Kifarat [ akibat pelanggaran] seperti ;melanggar sumpah palsu [kifarat 3 hari]
3. Shiyam Ramadhan.
4...Shiyam Fidyah [pengganti dari kewajiban melaksanakan qurban karena palanggaran tentang peraturan dalam ibadah hajji, puasa 3 hari di kota Suci dan 7 hari lagi di negeri sendiri ]
Shiyam haram
1. Shiyam terus menerus.
2.Shiyam Tasyriq [11,12,13 Hajji]
3.Shiyam 2 hari raya (FItri dan Adha]
4. Puasa wanita haidh/Nifas.
5.Puasa seorang istri yang tanpa izin suaminya ketika ada bersamanya [suami-istri]
Penyebutan nama manusia dalam al-qur’an sebagai makhluk yang sempurna dari semua aspek ;
Jawab :
a.Aspek histories [Bani Adam]; penciptaannya manusia bermula dari Nabi Adam dan keturunanya disebut “ Bani Adam”. [Q.S. 7 : 31]
b.Aspek biologis [Al Basyar];manusia adalah makhluk yang mencerminkan sifat-sifat fisik [dibentuk dari komponen-komponen yang dikandung didalam tanah]dan biologis [makan,minum dan berhubungan lawan jenis].[Q.S. al-mu’minun [23] :33]
c.Aspek Intelegenti/ kecerdasan [Al Insan] ;manusia adalah makhluk yang terbaik yang diberi akal sehingga menyerap ilmu pengetahuan.[Q.S.Ar Rahman [55]:3-4]
d.Aspek sosiologis [An Nas] ; manusia adalah makhluk yang bermasyarakat, menunjukan sifatnya yang berkelompok sesame jenisnya. [Q.S. 2 : 21]
e.Aspek Posisi [ Abdun] ; manusia adalah hamba Alloh yang mesti tunduk dan taat sesuai dengan kedudukan seorang hamba. [Q.S. Saba’[34:9]
9). Sebutkan Rukun-rukun Shiyam dan Hukum shiyam Ramadhan, dalilnya ;
1. Niat [ sebelum shiyam]
2. Mencegah diri dari segala yang membatalkan shiyam.
Hukumnya : Wajib A’in [fardhu ‘ain] dalilnya Q.S. Al Baqoroh [2] ;183
10). John Locke menyebutkan bahwa manusia itu lahir dalam keadaan kosong seperti kertas putih (tabularasa), pendapatnya tidak menjelaskan tentang dosa layaknya orang beragama, sebab dia seorang Atheis. Bagaimana pendapat saudara tentang teori tersebut dihubungkan dengan Konsep Fitrah dalam Ajaran Islam.
Jawab : Teori John Lock, tidak Relevan [bertolak belakang] dengan konsep fitrah dalam ajaran Islam.
Alasannya :
-Teori John Lock mengesampingkan kemampuan dasar yang dibawa si anak sejak lahir yakni memiliki naluri beragama [ naluri tauhid] bahwa sebelum lahir bakal bayi di didik oleh Alloh tentang tauhid [Q.S. 2 :30 dan Q.S. 7 : 172-173], sehingga terlahir tidak dalam keadaan seperti kertas kosong [blank] .
-Dalam konsep Fitrah ; bahwa manusia diciptakan dengan penciptaan fisik dan rohaniyah yakni sifat-sifat dasar yang cenderung baik [hanif/lurus] memiliki potensi terhadap agama tauhid [keesaan Alloh]sebagai makhluk relegius.
-Bayi terlahir dalam keadaan fitrah maksudnya ; bayi tersebut lahir dalam keadaan suci, bersih dari syirik [penyekutuan Tuhan] dan terhindar dari kekufuran [ menolak adanya Alloh], dengan demikian bayi cenderung kepada agama hanif [agama tauhid/islam], jika tidak beragama dengan potensi yang dimiliki sejak bayi, di akibatkan pengaruh orang tua dan lingkungannya.
Ingat….!!! Konsep Fitrah tidak sama dengan Teori John Lock.
Dalam hidup beragama wajib menyakini pemahaman Islam secara Universal (Kaffah) sesuai pokok-pokok Ajaran Islam, jelaskan 3 (tiga) pokok dalam Ajaran Islam.
Jawab :
1.Aqidah [ aspek keyakinan/system keimanan = iman] adalah ; keyakinan mendasar terhadap adanya Alloh yang mengatur, meciptakan manusia dan alam semesta beserta isinya serta membenarkan semua firman-firmanya.
2.Syari’ah [aspek norma/ system hukum = ibadah/Islam] adalah ; aturan-aturan Alloh yang mengatur hubungan manusia dengan Alloh dan alam semesta sebagai konsekwensi atau pengakuan dan ketundukannya.
3.Akhlak [ aspek perilaku/system nilai = Ihsan ] ; adalah sikap-sikap atau perilaku yang nampak dari pelaksanaan aqidah dan syariah.
Charles Darwin dengan teori Evolusinya menjelaskan bahwa “manusia itu terlahir dari bangsa monyet lalu berevolusi menjadi manusia sekarang ini “, Ilmuwan lain menyatakan; Manusia itu berasal dari Makhluk Luar Angkasa demikian menurut teori Cosmozoa, Apakah saudara sependapat dengan pemahaman para Ilmuwan tersebut, coba jelaskan sebagai orang yang beragama!.
Jawab :
Tidak Sependapat !!!
Alasannya :
Sebagai orang beragama menyakini dan memahami, bahwa manusia eksistensinya berasal dari sari pati tanah lempung [turab] yang dibentuk [Q.S.Al-Kahfi, 18 : 37,Al Hijr, 15 :26] makhluk yang pertama diciptakan bernama “ ADAM as” seorang Nabi, dan keturunannya diciptakan melalui proses sunnatullah [ketetapan Alloh] dari sari pati air mani [sperma].[Q.S.Al Mukminun,23:12-13].
Karl Mark mengatakan bahwa “ bahwa Agama adalah racun bagi kehidupan manusia “ Apakah anda sependapat ? jelaskan pandangan saudara !.
Jawab : Tidak sependapat .
Penjelasannya :
Agama bukanlah CANDU/RACUN bagi kehidupan manusia, seseorang yang beragama dengan pemahaman yang baik dan benar akan memberikan PENAWAR/OBAT bagi penganutnya dari kegelisahan, rasa takut, was was, serta mampu menyelesaikan segala problem kehidupan manusia dari berbagai aspek kehidupan [idiologi, politik,ekonomi, social, pendidikan dan budaya].
Jelaskan asul-usul manusia menurut teori Evolusi, teori Cosmozoa dan teori Materialis Bagaimana pendapat saudara dihubungkan dengan Konsep Ajaran Islam tentang asal-usul penciptaan manusia ?.
Jawab :
a]. Menurut Teori Evolusi : Manusia itu terlahir dari bangsa Primata [Kera] lalu berevolusi menjadi manusia sekarang ini.
Teori Cosmozoa: Manusia berasal dari makhluk luar angkasa.
Teori Materialis : Menyatakan :” (manusia adalah benda) manusia hanyalah merupakan sekepal tanah dibumi ini,dari bumi asal kejadiannya, dibumi dia berjalan dari bumi dia makan dan kedalam bumi dia kembali (jadi tanah).
b]. Teori-teori tersebut tidak dapat dibuktikan secara ilmiyah, bertentangan dengan keyakinan bila dihubungkan dengan konsep ajaran Islam tentang asal – usul manusia, bahkan teori-teori itu melenyapkan kebenaran awal penciptaan manusia [dari tanah-sperma]/Makhluq serta mengingkari adanya Dzat yang menciptakan. [Al-Kholiq].
Bagaimanakah hubungan manusia dengan Agama, dikaitkan menurut pemahaman Ajaran Islam ?
Jawab :
Hubungan manusia dengan Agama Islam ;
a]. Agama bagi manusia suatu kebutuhan hidup yang mendasar atau fitrah manusia
b]. Manusia masih memiliki gejala kejiwaan ; rasa cemas , rasa takut dan mengharap yang merupakan factor pendorong manusia untuk beragama.
c]. Kebutuhan manusia terhadap agama tidak dapat digantikan dengan kemampuan ilmu pengetahuan dan teknologi.
d]. Ketersediaan materi bagi manusia, tidak dapat menggantikan peranan agama dalam kehidupan manusia.
e]. Kemampuan akal manusia tidak mampu menyelesaikan seluruh problem hidup yang dihadapi manusia tanpa peran agama.
f]. Kebutuhan manusia terhadap agama mendorongnya untuk mencari agama yang sesuai dengan harapan-harapan rohaniahnya, dan hanya AGAMA ISLAM yang benar bagi penganutnya, dengan ISLAM manusia mendapat kesuksesan duniawi dan kesuksesan ukhrowi.
ﺍﻦ ﺍﻠﺪﻴﻦ ﻋﻨﺪ ﺍﻠﻠﻪ ﺍﻹﺴﻼﻡ
Artinya :
"Sesungguhnya Din yang diterima disisi Alloh adalah ISLAM”[Q.S. 3:19]
Silakan tambahkan komentar sesuai dengan topik. Komentar dengan link, spam dan berpotensi melanggar UU akan dihapus, terima kasih.